Rahasia Membangun Gaya Kepemimpinan yang Bagus dalam Bisnis MLM

Membangun gaya kepemimpinan yang bagus dan leadership yang kuat di bisnis MLM adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi bisnis MLM itu merupakan suatu bisnis yang memiliki konsep jaringan sehingga selalu mengikutsertakan banyak orang. Kondisi ini punya pengaruh besar terhadap perkembangan bisnis tersebut.

Keberhasilan bisnis MLM memang selalu dipengaruhi oleh para anggotanya. Namun di sini, peran pemimpin atau leader juga tidak dapat disepelekan. Sosoknya merupakan sebuah pucuk atas segala sistem kerja dan tindakan-tindakan serta semua tugas yang dilaksanakan oleh para anggota atau bawahan.

Jadi mau tidak mau, leadership yang baik akan selalu menjadi kebutuhan utama dalam bisnis MLM. Bukan itu saja, gaya kepemimpinan yang bagus juga akan berdampak pada hasil yang diperoleh oleh pelaku bisnis itu sendiri, terlebih lagi ketika bicara tentang urusan keuntungan atau penghasilan.

Oleh karena itu, para pelaku bisnis MLM harus tahu betul bagaimana cara membangun gaya kepemimpinan dan leadership yang bagus. Terlebih lagi gaya kepemimpinan juga merupakan bekal utama dalam sistem pengelolaan bisnis MLM.

Meski demikian, harus diyakinkan pula, bahwa membangun gaya kepemimpinan itu tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh banyak orang. Banyak yang berpikir apabila belajar leadership atau gaya kepemimpinan itu hanya dapat dijalankan oleh orang-orang tertentu saja. Padahal kenyatannya, semua orang bisa mempelajari semua rahasia beserta ilmu-ilmunya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dijalankan untuk membangun leadership atau gaya kepemimpinan yang bagus dalam bisnis MLM :

  1. Memahami Arti Penting Dari Leadership Dalam Bisnis MLM

Untuk langkah awal, pahami lebih dulu akan arti penting dari gaya kepemimpinan saat akan menjalankan bisnis MLM. Sosok seorang pemimpin itu sangatlah dibutuhkan di dunia usaha yang satu ini.

Mirip dengan tubuh manusia yang selalu memiliki otak dalam kepala. Fungsi terpenting dari organ vital tersebut adalah berperan sebagai pimpinan organ lain seperti kaki, tangan, pundak dan sebagainya. Organ otak selalu menyuruh organ lain untuk melakukan gerakan tubuh.

Kondisi ini tak jauh berbeda dengan yang namanya leadership di bisnis MLM, dimana dalam bisnis tersebut ada banyak sekali orang yang terlibat. Maka, seorang pemimpin dalam bisnis MLM harus memiliki kemampuan tinggi dalam mengatur sistem kerja semua orang tersebut, baik yang berada di posisi upline maupun downline.

Tujuannya tidak lain adalah agar omzet penjualan produk dapat terus ditingkatkan sekaligus mampu mencari anggota baru sebanyak mungkin. Jika semuanya mampu menjalankan tugas-tugas MLM dengan baik, tentu saja nilai penghasilan yang diperoleh juga bertambah banyak.

  1. Memahami Arti Penting Instruksi Dan Petunjuk Dari Pimpinan

Dalam setiap kegiatan bisnis apalagi bisnis MLM, instruksi dan petunjuk dari pemimpin itu selalu dibutuhkan. Meskipun bisnis MLM yang dijalankan masih dalam taraf perintisan, tapi leader atau pemimpinnya harus tetap berusaha semaksimal mungkin untuk mengasih arahan atau instruksi secara baik dan mudah dipahami.

Sehingga, segala peraturan dalam bisnis tersebut juga akan menjadi kebutuhan. Dari sini bisa ditarik kesimpulan apabila seorang leader atau pemimpin mempunyai kewajiban memahami semua peraturan perusahaan MLM kemudian memberitahukannya lagi pada anggotanya. Jadi tugas-tugas pekerjaan tidak bolek dilaksanakan sekehendak hati.

Bisnis MLM adalah suatu bisnis yang didalamnya banyak orang terlibat dan masing-masing dari individu ini memiliki keterkaitan. Sesuai dengan konsep kerjanya, jika ada anggota yang tidak taat pada aturan dan arahan dari pimpinan, akan berdampak buruk pada semua anggota. Jadi yang terkena imbasnya bukan hanya terjadi pada anggota yang melakukan pelanggaran saja.

  1. Memahami Sistem Pengelolaan SDM Atau Sumber Daya Manusia

Langkah berikutnya yang hukumnya juga wajib dijalankan untuk membangun leadership atau  gaya kepemimpinan yang bagus dalam bisnis MLM yaitu berhubungan dengan sistem kelola SDM (Sumber Daya Manusia). Meski jumlah SDM yang tersedia banyak, tetapi apabila tidak mempunyai sistem pengelolaan yang baik, hasilnya pasti juga tidak akan dapat sesuai dengan keinginan dan harapan.

Pemimpin dalam bisnis MLM paling tidak harus memiliki SDM yang lebih bagus dari para bawahan atau anggotanya. Karena pemimpin atau leader inilah yang nantinya memiliki tugas melakukan pengontrolan di manajemen bisnis.

Selain kontrol manajemen kearah dalam atau secara intern, pemimpin bisnis MLM memiliki kewajiban lain, yaitu cerdik dalam membina hubungan bisnis dengan member dan relasi kerja lainnya. Bahkan masih ditambah lagi dengan kemampuan menjalin hubungan dengan teman-teman di luar urusan kerja, karena sedikit banyak hal ini juga berpengaruh pada sistem kerja bisnis, khususnya di masa-masa mendatang.

  1. Memahami Akan Arti Penting Dari Informasi

Seorang pemimpin di bisnis MLM harus selalu cakap dan cerdik dalam menangkap sekaligus menerima segala macam informasi. Setelah itu informasi ini segera disampaikan sesuai fakta dan kenyataan sebenarnya pada semua member dan bawahan, khususnya yang telah berada di posisi upline.

Apapun bentuk dan konsep kerjanya atau jenis produknya, setiap kegiatan di bisnis MLM itu memang selalu memerlukan informasi secara akurat dan disampaikan kepada semuanya yang terlibat. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjadinya miss komunikasi dan miss informasi diantara para anggota MLM itu sendiri.

Pemimpin bisnis MLM harus pula menyampaikan informasi yang sudah diterimanya secapat mungkin sehingga setiap keputusan yang dibuat dapat selaras dengan apa yang jadi ketetapan dan kebutuhan.

Kesalahan serta keterlambatan dalam pemberian informasi akan memunculkan dampak yang sangat buruk pada kegiatan bisnis MLM. Salah satu yang paling sering terjadi adalah bisnis MLM yang sudah dirintis dalam jangka waktu lama tidak dapat mengalami kemajuan dengan pesat. Bahkan yang lebih parah lagi, justru terjadi kemunduran. Itulah arti penting informasi, sehingga setiap pemimpin bisnis MLM harus memahaminya.

  1. Memahami Keputusan Dari Seorang Pemimpin

Rahasia selanjutnya membangun gaya kepemimpinan yang baik dalam bisnis MLM adalah dengan cara selalu belajar memahami peran seorang leader. Keberadaan pemimpin di bisnis MLM merupakan hal yang sangat penting dan vital. Sebagaimana diketahui, perkembangan bisnis MLM di masa sekarang ini sangat pesat.

Pada satu sisi, perkembangan ini akan membuat pelaku bisnis tersebut punya banyak pilihan. Namun di sisi lainnya akan selalu memunculkan persaingan yang semakin sengit. Bahkan ada yang mengatakannya cenderung lebih kejam.

Jika ingin berhasil, tentu saja persaingan sengit dan kejam ini harus dapat dikalahkan. Untuk mereka yang memiliki gaya kepemimpinan lemah, tentu cita-cita tersebut akan menjadi sulit terlaksana. Jadi pimpinan harus dapat melakukan tindakan cerdas, terutama ketika mengolah informasi yang diterimanya dan saat membuat keputusan penting.

Dengan begitu, semua keputusan yang dibuat oleh pemimpin bisnis MLM harus selalu benar serta tidak ada yang salah. Karena tanggung jawab terbesar berada di pundak leader, maka leader tersebut harus selalu berjuang keras untuk menentukan keputusan yang dianggap paling baik.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara membangun gaya kepemimpinan yang bagus saat ingin terjun total di bisnis MLM. Perlu dipahami, leadership di bisnis ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan sistem leadership di bidang bisnis lainnya.

Hanya saja, butuh gaya kepemimpinan yang lebih kuat tetapi sangat luwes dalam melakukan tindakan maupun saat mengambil keputusan. Karena, setiap anggota dalam bisnis MLM itu, nantinya juga akan bertindak sebagai pemimpin bagi diri sendiri dan downline mereka.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *