Prospek Bisnis MLM di Masa Sekarang dan Masa Akan Datang

Oleh On 9:26 AM

Tidak dapat dibantah dan dipungkiri, industri yang berhubungan dengan bisnis MLM saat in makin banyak peminatnya. Karena meskipun sudah muncul pertamakali sekitar 30 tahun lalu, namun baru sekarang masyarakat mulai menyadari adanya suatu kekuatan besar di bisnis ini. Khususnya bagi para profesional dan pegawai atau karyawan.

Banyak di antara mereka yang mulai tertarik terjun di bisnis MLM, termasuk juga mahasiswa dan pelajar, ibu rumah tangga bahkan hingga buruh pabrik. Semua memiliki keinginan yang sama untuk maju, berkembang dan meraih kesuksesan melalui usaha MLM yang merupakan kepanjangan dari Multi Level Marketing.

Prospek Bisnis MLM di Masa Sekarang dan Masa Akan Datang


Faktor-faktor yang Menentukan Perkembangan Bisnis MLM

Sangat sesuai dengan namanya, bisnis MLM atau Multi Level Marketing merupakan sebuah peluang bisnis yang sangat bagus untuk dikembangkan. Diyakini, bisnis ini memiliki prospek dan masa depan cerah di waktu sekarang dan waktu yang akan datang.

Memang harus diakui bahwa MLM seringkali mendatangkan pendapat pro dan dan kontra di tengah masyarakat dan kalangan pebisnis. Tapi pada sisi yang lain muncul sebuah fakta yang harus diakui pula, apabila MLM mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat pesat pada beberapa tahun terakhir ini. Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor sekaligus.

  1. Bisnis dalam Bidang Kesehatan


Sebagian besar bisnis MLM yang berkembang saat ini pada umumnya bergerak dalam bidang kesehatan. Bukan merupakan hal yang aneh, karena bisnis di bidang kesehatan, sejak sekitar 5 tahun terakhir telah mengalami kemajuan dalam prosentase yang sangat besar, kurang lebih 250%.

Sehingga ada beberapa ahli ekonomi yang berani menyatakan apabila bisnis kesehatan suatu saat nanti akan mampu melahirkan banyak sekali orang kaya baru. Jika diamati secara sekilas saja, memang saat ini makin banyak orang yang berjualan produk-produk kesehatan misalnya herbal, ramuan penyembuhan penyakit dan sebagainya.

  1. Kebebasan dalam Bidang Finansial


Faktor berikutnya yang memiliki andil besar dalam perkembangan bisnis MLM adalah setiap orang ingin mendapatkan kebebasan di bidang finansial atau keuangan. Mereka saat ini tidak hanya menginginkan kenyamanan saja, melainkan juga terbebas dari belenggu kesulitan yang ada kaitannya dengan urusan ekonomi.

Demi menggapai keinginan tersebut, tentu saja setiap orang selalu berusaha mencari metode atau cara paling mudah yang dapat dijalankan. Melalui pemikiran tersebut, maka pilihan yang dianggap paling bagus sekaligus paling tepat yaitu menggabungkan diri dan menekuni bisnis MLM. Karena melalui konsep yang dibangun, bisnis MLM memang berhasil memunculkan peluang lebih besar untuk menjadi orang sukses secara finansial.

  1. MLM Merupakan Bisnis Berbasis Kerakyatan


Ketika dunia dilanda krisis ekonomi global beberapa tahun lalu, banyak sekali pebisnis atau perusahaan yang bergerak secara konvensional mengalami kebangkrutan, atau minimal tidak dapat lagi mengembangkan usahanya. Namun demikian, krisis ekonomi global tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap pergerakan bisnis yang berbasis kerakyatan.

Salah satu bentuk bisnis yang berbasis kerakyatan ini tidak lain yaitu MLM. Mungkin banyak yang kurang menyadari bahwa MLM adalah bisnis yang selalu melibatkan banyak orang dan membuka peluang besar untuk melahirkan pebisnis-pebisnis baru dengan modal yang teramat kecil saja.

Dengan adanya faktor-faktor yang disebutkan di atas, maka bisa dipastikan bahwa pada suatu saat nanti MLM akan muncul sebagai suatu kekuatan bisnis yang sangat luar biasa besarnya. Apalagi jika pelakunya benar-benar rajin menjalankan peluang usaha tersebut disertai dengan ketekunan tingkat tinggi.

Tanggapan dari Para Tokoh Dunia

Perkembangan bisnis MLM yang teramat pesat selama beberapa tahun terakhir ini dipercaya bukan merupakan sebuah trend belaka. Sangat diyakini, peluang usaha tersebut tetap mampu berjalan dengan cepat di masa-masa yang akan datang. Bahkan dari waktu ke waktu, tingkat kepopuleran dan pengaruhnya kepada perekonomian dunia makin menunjukan kenaikan yang signifikan.

MLM saat ini tidak hanya menjadi perhatian kaum pebisnis dari kelas bawah saja, akan tetapi juga selalu diperbincangkan oleh tokoh-tokoh kelas dunia. Salah satunya adalah Bill Clinton, yang semua orang pasti tahu bahwa sosok ini merupakan mantan presiden Amerika Serikat.

Dia menyatakan terdapatnya lebih dari 7 juta bisnis MLM yang ikut membantu pertumbuhan ekonomi Amerika, sehingga negara tersebut bisa semakin mandiri. Pria ini juga menegaskan, setiap orang yang terjun di bisnis MLM tidak hanya diajak menciptakan kesuksesan bagi diri sendiri saja, namun juga membantu orang lain untuk bersama-sama menggapai keberhasilan.

Pendapat yang agak berbeda namun sama-sama mengandung pesan positif disampaikan oleh Robert T. Kiyosaki. Pebisnis yang sangat kaya sekaligus penulis buku bisnis paling terkenal di seluruh dunia ini mengatakan, orang-orang yang bergerak dalam bisnis MLM pada saat ini, suatu saat nanti dalam jangka panjang akan menjadi orang paling sukses di dunia.

Robert T. Kiyosaki juga mengatakan apabila penghasilan orang-orang yang berbisnis MLM akan menjadi lebih tinggi dibanding para profesional seperti pengacara, dokter, akuntan serta profesi lain yang membutuhkan keahlihan khusus. Karena dalam MLM, para pelakunya akan diajak membangun jaringan kerja, sedangkan yang lain hanya disuruh mencari pekerjaan.

Pendapat ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dikemukakan oleh Paul Zane Pilzer. Sosok ini merupakan salah seorang penasehat ekonomi utama George W Bush ketika punya jabatan sebagai Presiden Amerika Serikat. Profesor, praktisi ekonomi serta penulis buku yang sangat produktif ini begitu antutias saat dimintai komentarnya tentang bisnis MLM.

Secara tegas Paul Zane Pilzer mengatakan bahwa dari sekian ratus peluang usaha yang sudah berhasil diciptakan oleh manusia, salah satu yang terpenting dan punya pengaruh besar pada perekonomian di dunia yaitu sistem penjualan langsung melalui jaringan bisnis atau MLM.

Sementara itu, Brian Tracy yang merupakan seorang motivator kelas internasional dan sering menulis buku-buku motivasi memiliki pendapat sendiri. Dia mengemukakan bahwa MLM itu merupakan bisnis jaringan yang tidak punya batasan bahkan tidak ada ujungnya sama sekali.

Menurutnya, bisnis MLM akan terus berkembang selamanya, karena makin banyak pebisnis pintar yang tertarik masuk dan bergabung dalam bisnis tersebut. Para pebisnis pintar ini akan mampu meningkatkan standarisasi MLM pada sebuah titik, dimana bisnis tersebut akan jadi sebuah sistem usaha yang sangat dihormati di seluruh dunia.

Seorang ahli filosofi bisnis bernama Jim Rohn memiliki pandangan yang nyaris sama. Dalam sebuah wawancara dia menyatakan bahwa bisnis jaringan atau MLM di masa depan akan bisa memunculkan gelombang besar. Konsep bisnis dalam MLM akan mampu mengambil posisi sistem bisnis lain seperti waralaba.

Donald Trump, yang saat ini merupakan presiden Amerika Serikat sekaligus seorang pebisnis sukses ikut memberikan komentarnya. Dalam suatu acara talk show, dia pernah mendapatkan pertanyaan tentang apa saja yang akan dilakukannya apabila bisnisnya mengalami pailit atau bangkrut.

Mendapat pertanyaan seperti itu, Donal Trump dengan penuh keyakinan hanya memberikan satu jawaban saja. Dia akan berusaha mencari perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara jaringan serta menjalankan konsep MLM dengan bagus, kemudian akan menggabungkan diri dengan perusahaan tersebut.

Dari pernyataan-pernyataan para tokok dunia seperti yang diulas di atas, tentu hal ini sedikit banyak bisa menambah rasa percaya diri bagi pelaku MLM. Bagaimanapun juga bisnis MLM tidak akan pernah mengenal kata mati atau surut. Bahkan yang terjadi sebaliknya, dari waktu ke waktu selalu menunjukan kegairahan yang lebih tinggi.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »