Membangun Bisnis Salon Keliling dari Modal Kecil, Tapi Laba Besar

Oleh On 9:15 AM

Membangun Bisnis Salon Keliling dari Modal Kecil, Tapi Laba Besar - Salon erat kaitannya dengan dunia kecantikan dan wanita. Lumrah bila wanita selalu ingin terlihat cantik dari kepala sampai ujung kaki.

Merawat dan mempercantik diri telah menjadi kebutuhan yang sulit terelakkan bagi kaum wanita. Sebab, sedikit banyak kecantikan mampu mendongkrak rasa percaya diri sehingga wanita berani menagktualisasikan diri di lingkungan sosial yang lebih luas.

Coba saja, pasti sedikit sekali wanita yang nekat keluar rumah dalam keadaan wajah kucel dan rambut kusut, bukan? Sementara dalam keadaan berias dan rapi, mereka siap hadir dimana saja.

Untuk bisa terlihat cantik dibutuhkan upaya. Semisal, menata rambut agar lebih rapi, melakukan facial agar wajah tampak lebih fresh dan kinclong, luluran, creambath, hingga make over menggunakan seperangkat alat make up. Karena tidak semua wanita mampu melakukan semua itu sendirian, maka salon menjadi tempat favorit untuk dituju. Di tangan ahlinya, tentu hasilnya akan lebih bagus.

Sayangnya, tak semua wanita memiliki waktu luang untuk menyambangi salon. Alasan malas menunggu antrian dan menghadapi kemacetan di jalan raya kerap membuat mereka terpaksa menahan niat pergi ke salon. Situasi seperti inilah yang kemudian bisa dijadikan suatu peluang emas untuk mendatangkan keuntungan.

Membaca kebutuhan dan kesulitan masyarakat merupakan keharusan bagi mereka yang bernaluri bisnis. Menyikapi permasalahan “keterbatasan waktu pergi ke salon”, maka solusi yang bisa ditawarkan oleh pelaku bisnis adalah jasa salon keliling atau salon panggilan home to home.

Keuntungan Salon Keliling Bagi Pelanggan


Sebelum membahas seberapa besar persentase keuntungan yang bisa diraup pelaku usaha dari bisnis ini, kita harus tahu dulu keuntungan seperti apa yang dapat kita tawarkan kepada pelanggan bila menggunakan jasa salon keliling.

Beberapa keuntungan atau manfaat salon keliling antara lain sebagai berikut.

  • Menghemat waktu untuk pelanggan yang tidak punya waktu luang panjang. Cukup dengan menghubungi jasa salon keliling, maka orang salon akan datang dan memberikan layanan yang diinginkan. Seperti facial, creambath, luluran, waxing, foot massage, make up, pangkas, hair colouring, dan sebagainya. Service yang diberikan tak ada beda antara di rumah pelanggan dengan di salon.

  • Bebas antri. Di salon-salon favorit, antrian panjang pelanggan bukan hal aneh lagi. Sebab, pelanggannya sudah pasti banyak. Supaya bisa mendapatkan giliran di awal, maka datang lebih cepat adalah solusi paling tepat. Namun, terkadang cara itu tidak bisa dilakukan oleh orang-orang yang terikat kesibukan padat. Maka dengan menggunakan jasa salon keliling, mereka terbebas dari antrian lama. Jam panggilan bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu pelanggan.

  • Lebih nyaman. Menikmati layanan salon di rumah sendiri pastinya lebih nyaman dan leluasa ketimbang di salon. Tak ada orang yang memperhatikan selama Anda menjalani perawatan tertentu, bukan?

  • Bebas macet. Tinggal di kota-kota besar harus siap dengan ancaman kemacetan. Untuk menuju suatu tempat saja, mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam jika arus lalu lintas sedang padat. Nah, dengan hadirnya jasa salon keliling ini, Anda tak perlu berlama-lama di jalan raya. Tinggal menunggu di rumah, petugas salon akan datang sesuai dengan waktu yang disepakati bersama.


Keuntungan Bagi Pelaku Usaha

  • Keuntungan berlipat. Tarif perawatan di salon dengan panggilan ke rumah itu tidaklah sama. Malah bisa 2x lipat dari harga perawatan di salon. Meski demikian, pelanggan salon keliling yang kebanyakan dari kalangan ekonomi menengah ke atas tak mempermasalahkan hal itu. Selama mereka merasa nyaman, mereka tak ragu untuk membayar.

  • Pelanggan lebih banyak. Jasa salon keliling sebetulnya merupakan upaya jemput bola. Artinya, sebagai pelaku usaha Anda tak sekadar menunggu pelanggan datang ke salon, melainkan langsung menyambangi pelanggan ke rumah-rumah. Hal itu membuat usaha salon Anda berjalan aktif, ketimbang hanya menunggu pelanggan.

  • Waktu fleksibe Menjalani usaha salon keliling tak terikat waktu. Anda bisa melakukannnya kapan saja sesuai dengan kesanggupan.

  • Hemat sewa tempat. Salon panggilan home to home tak selalu membutuhkan tempat usaha yang nyata semacam rumah atau ruko. Sebab konsepnya memang untuk mendatangi pelanggan, bukan sebaliknya.

  • Produk perawatan yang digunakan bisa lebih cepat berganti. Semakin banyak pelanggan, semakin cepat pula produk-produk salon yang digunakan habis. Hal itu menghindarkan Anda dari risiko sia-sia karena produk keburu expired sebelum habis digunakan.


Persiapan Membuka Bisnis Salon Keliling

Proyeksi keuntungan rata-rata pebisnis salon panggilan home to home berkisar antara 30-35% dari omzet yang mereka terima setiap bulan dan modal kembali kurang dalam waktu kurang dari satu tahun. Asyiknya usaha ini, kita yang menentukan seberapa banyak pelanggan yang ingin kita layani setiap hari. Bahkan, jika tidak ada yang menghubungi, kita bisa berkeliling dari rumah ke rumah target guna menawarkan jasa. Kecil kemungkinan semua target menolak.

Sementara untuk salon pada umumnya, pemasukan hanya bergantung dari pelanggan yang datang. Jika sepi, maka pemasukan pun sedikit. Bahkan, ada yang sampai berhari-hari tidak didatangi pelanggan seorang pun.

Kendati tampak praktis, namun menjalankan bisnis ini tetap membutuhkan persiapan matang terlebih dahulu. Berikut beberapa persiapan yang seyogianya dilakukan.

  1. Mengasah Skill


Keterampilan dan keahlian terhadap bidang yang dikelola secara tidak langsung menentukan pangsa pasar Anda sendiri. Semakin terampil dan ahli, semakin berkelas pelanggan Anda. Semakin berkelas pelanggan yang Anda, semakin besar pula peluang usaha Anda dikenal masyarakat luas. Ingat, hanya orang-orang berkelas yang tahu mutu dan bersedia membayar mahal atas apa yang dibutuhkannya.

Mengasah skill dan memperdalam pengetahuan di bidang kecantikan juga berguna kelak Anda ingin merekrut tenaga kerja. Dengan pengetahuan yang baik, Anda terhindar dari risiko salah memilih pekerja.

  1. Modal


Setelah memiliki skill, selanjutnya mengumpulkan modal usaha. Modal untuk salon keliling lebih minimalis daripada salon yang menetap di suatu tempat. Selain peralatan salon, Anda juga membutuhkan kendaraan operasional. Bisa saja Anda menggunakan angkutan umum seperti taksi, namun tentu mobilitas Anda kurang luwes ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Setidaknya, Anda harus punya sepeda motor.

  1. Konsep Promosi


Bisnis tak terlepas dari promosi. Kegiatan promosi membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Lewat promosi, bisnis Anda akan dikenal oleh masyarakat luas. Banyak sekali konsep promosi yang dapat dilakukan. Paling sederhana adalah melalui mulut ke mulut. Promosi seperti ini nyaris tidak membutuhkan modal. Namun, membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa beredar luas.

Di era teknologi canggih seperti sekarang ini, melibatkan internet untuk kegiatan promosi sangat memungkinkan. Hasilnya pun lebih memuaskan dan cepat. Selain itu, bisa juga dengan cara beriklan di radio ataupun menyebar brosur. Untuk permulaan, demi menjaring banyak pelanggan, tak ada salahnya memberikan penawaran harga istimewa.

Nah, itulah informasi seputar menariknya bisnis salon keliling. Sekilas tampak sederhana, namun ternyata mampu menghasilkan keuntungan besar. Untuk Anda yang berjiwa bisnis dan mempunyai ketertarikan besar terhadap dunia kecantikan, tak ada salahnya mencoba menekuni bisnis ini. Siapa tahu di sinilah letak rezeki terbesar Anda.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »