Kelebihan MLM Dibanding Peluang Bisnis Lainnya

Oleh On 5:38 AM

Multi Level Marketing yang lebih sering disingkat dengan sebutan MLM merupakan sebuah peluang bisnis yang punya banyak kelebihan dibanding dengan bidang usaha lainnya. Karena itu tidak mengherankan jika MLM selalu menjadi pilihan masyarakat untuk berwirausaha dan mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Sama seperti usaha lainnya, bisnis MLM memang selalu membutuhkan kerja keras dan sifat pantang menyerah demi mendapatkan keberhasilan. Meski demikian, bisnis ini memberikan kesempatan dan peluang lebih besar kepada para pelaku usaha, baik dari kalangan atas hingga golongan ekonomi menengah ke bawah.

1. Tidak Membutuhkan Modal Besar

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki bisnis MLM, salah satunya berhubungan dengan urusan modal. Peluang usaha ini tidak memerlukan dana besar apalagi kantor hingga berbagai jenis perabot lainnya. Fakta ini menjadikan bisnis MLM bisa dilakukan oleh siapa saja meski mereka merupakan golongan ekonomi ke bawah yang modalnya sangat terbatas.

Dalam bisnis MLM, semua kebutuhan telah disediakan oleh pihak perusahaan atau pengelola MLM, termasuk produk yang akan dijual kepada konsumen. Selain itu tersedia pula pelatihan untuk pengembangan bisnis tersebut, dimana semuanya bisa diperoleh secara gratis. Jika ada yang disuruh membayar, biasanya hanya untuk biaya pendaftaran, katalog dan sampel produk saja.

2. Nilai Penghasilan Atau Laba Tanpa Batas

Meski modal yang harus disediakan oleh pelakunya tergolong kecil, tapi MLM justru berani memberi jaminan mampu memberikan penghasilan atau laba yang nilainya tanpa batas. Salah satu fakta yang terjadi dalam masyarakat Indonesia saat ini adalah masalah kondisi keuangan atau finansial, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Tapi melalui bisnis MLM, masalah yang terkait dengan urusan pemenuhan kebutuhan hidup ini niscaya dengan mudah bisa terselesaikan. Karena resiko kerugiannya sangat kecil, bahkan yang terjadi justru sebaliknya yaitu akan naik peringkatnya jadi golongan ekonomi menengah atau atas.

3. Tidak Mengenal Batasan Pendidikan

Bisnis MLM tidak hanya dapat dijalankan oleh mereka yang hanya bisa menyediakan modal kecil saja. Selain itu, kelebihan MLM berikutnya adalah bahwa peluang usaha ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik yang hanya lulus pada tingkat SD atau Sekolah Dasar hingga sarjana dan lulusan perguruan tinggi, semua memiliki peluang sama untuk berkembang, maju serta berkembang dalam rangka meraih kesuksesan di bidang finansial.

Perlu diperjelas di sini, bahwa MLM merupakan suatu peluang bisnis yang tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan urusan pendidikan. Apapun latar belakang pendidikannya, bisa bergabung di dalam MLM dengan menjadi downline atau anggota. Begitu proses pendaftaran selesai dilakukan, pada saat itu pula bisnis tersebut bisa langsung dirintis dan dikembangkan.

4. Kesempatan Berkarier Lebih Tinggi

Di lingkungan pergaulan masyarakat, acapkali terjadi bahwa orang yang mempunyai profesi atau jabatan tertentu akan mendapat penghormatan besar dari orang-orang sekitarnya. Di sisi yang lain, banyak yang merasa kesulitan untuk memperoleh jabatan tinggi meski sudah lama bekerja di suatu perusahaan.

Situasi semacam ini sangat berbeda ketika mau terjun dalam bisnis MLM. Dengan menekuni dan terjun secara total dalam bisnis MLM, kesempatan untuk meraih karier tinggi setiak waktu selalu terbuka lebar. Apapun jenis MLM yang dijalani maupun produk yang dijual, bisnis ini mampu memberi pintu kepada semua orang untuk meraih karier tertinggi dalam berbisnis atau bekerja.

MLM adalah bisnis yang sifatnya tidak terlalu memerlukan banyak teori, bahkan hanya perlu aksi secepatnya. Begitu bergabung dalam MLM, setiap orang bisa segera merintis bisnis dan kariernya untuk mencapai jabatan tertinggi dari jaringan bisnis dan level-level yang diciptakan oleh setiap pelakunya.

5. MLM Memiliki Nilai Spiritual Tinggi

Hampir semua orang tidak menyadari, bahwa bisnis MLM itu sebenarnya mempunyai nilai spiritual yang sangat tinggi. Terkait dengan hal ini, perlu dipertegas lebih dulu apabila setiap orang pasti selalu ingin sehat. Makna dari sehat ini bukan hanya dilihat dari segi jasmani saja, melainkan juga rohaninya.

Selanjutnya apabila bisnis MLM dijalankan sebagai suatu pekerjaan, dari segi rohani pastinya akan dipandang pula sebagai bentuk dari kegiatan ibadah. Karena apapun kegiatan yang akan dilakukan, sepanjang mempunyai tujuan positif pasti oleh setiap ajaran agama dinilai menjadi amalan ibadah. Dari sinilah kebutuhan rohani seseorang dapat terpenuhi.

6. MLM Selalu Mengajak Untuk Saling Membantu

Saat bekerja pada suatu perusahaan, seseorang dapat meraih puncak jabatan ketika berhasil mengalahkan perjalanan karier teman-teman sekantornya sendiri. Misalnya saat ingin menjadi seorang direktur, maka harus punya prestasi lebih bagus dibanding rekan sekerja.

Kemudian apabila menjalankan sebuah bisnis sendiri, akan dikatakan berhasil dan sukses jika mampu mengalahkan persaingan atas pelaku usaha lainnya. Kedua bidang pekerjaan tersebut, sama-sama mempunyai karakter untuk saling menjatuhkan demi meraih suatu keberhasilan.

Hal semacam ini tidak mungkin ditemui dalam bisnis MLM. Karena sebaliknya, bisnis MLM justru memiliki karakter untuk saling memberi bantuan antara pelaku MLM satunya dengan pelaku MLM lainnya. Terutama yang berada di dalam satu jaringan kerja atau network. Nilai-nilai kegotong royongan sangat ditonjolkan pada bisnis ini.

Jika ingin menggapai kesuksesan besar, pelaku MLM harus selalu bersedia memberi bantuan pada teman-temannya. Tidak ada yang namanya kerja sendiri dan ketika hal ini terjadi pelaku MLM tersebut justru akan menjadi gagal menggapai kesuksesan. Makin besar bantuan yang diberikan pada teman-temannya, makin tinggi pula peluang mendapat penghasilan maksimal.

7. MLM Mempererat Rasa Persaudaraan

Dari penjelasan kelebihan bisnis MLM pada nomor 6 di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis ini merupakan sebuah sarana yang sangat bagus untuk mempererat rasa persaudaraan. Karena melalui bisnis yang selalu mengedepankan rasa solidaritas tersebut maka makin banyak relasi bisnis yang akan diperoleh.

Melalui hubungan bisnis dan kerjasama yang sifatnya saling bahu membahu ini, muncul rasa kekerabatan dan persaudaraan antar sesama pekerja MLM. Meski tidak ada punya hubungan biologis, namun nilai kekerabatan yang terdapat dalam kegiatan MLM tidak jarang akan bisa setingkat dengan hubungan antar saudara kandung. Sehingga mereka akan jadi seperti sebuah keluarga.

8. Tidak Memiliki Ikatan Waktu

Kelebihan berikutnya yang bisa selalu ditemukan dan dirasakan ketika berbisnis MLM adalah masalah kemerdekaan terutama dalam urusan waktu. Saat berbisnis sendiri atau bekerja pada suatu perusahaan, biasanya seseorang akan memiliki keterbatasan waktu sehubungan dengan jam kerja.
Sedangkan pada MLM, yang terjadi justru sebaliknya. Bisnis ini dapat dikerjakan kapan saja baik pagi, siang atau sore hari. Dalam bisnis ini, para pelakunya tidak akan dikenai semacam deadline kapan tugas-tugas kerjanya harus diselesaikan.

Penyebabnya antara lain karena MLM selalu menerapkan sistem jika pelakunya merupakan bos untuk dirinya sendiri. Mereka diberi kebebasan penuh kapan saja untuk menawarkan atau menjual produk dan mencari anggota dan downline baru. Termasuk pula target penjualannya.

Tetapi tentu saja, apabila target penjualan terpenuhi pasti akan memperoleh penghasilan yang lebih tinggi. Hanya saja di luar urusan target penjualan produk, yang tak kalah penting adalah memiliki kesempatan banyak untuk bertemu keluarga dan sahabat dekat.

Semua yang diterangkan di atas merupakan sebagian dari kelebihan MLM dibanding dengan peluang bisnis lainnya. Karena selain itu masih banyak sekali kelebihan lain yang tidak dapat diterangkan satu persatu.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »